Situs Resmi FGTIKKNAS

Furika, Pengurus FGTIKKNAS Juara ketiga lomba Anugerah GTK Berdedikasi Tahun 2021

 

 

Salah seorang pengurus FGTIKKNAS, Furika Indah Lestari, S.Kom., M.Pd yang merupakan guru TIK di SMA Negeri 4 Singkawang meraih juara ketiga lomba Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Berdedikasi dalam rangka HUT PGRI ke-76 tahun 2021 Kota Singkawang.

Furika mengatakan “ Tidak hanya prestasi tapi juga banyak ilmu dan pengalaman yang diraih. Saya belum pernah berpartisipasi dalam lomba kategori ini, tentunya menjadi tantangan baru. Harapan saya, bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi teman-teman guru TIK khususnya guru TIK di Kota Singkawang bahwa guru TIK juga bisa berprestasi dan guru TIK juga memiliki dedikasi yang luar biasa terhadap sekolahnya, sama seperti guru mata pelajaran lain”.

Sementara itu, Ketua PGRI Kota Singkawang  Drs. Asep Wahyudin, M.Pd menyampaikan dukungan dan apresisasinya kepada semua perwakilan guru yang mengikuti lomba dan berhasil menjadi juara, “Keikutsertaan dalam lomba ini, bisa dijadikan salah satu sarana bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya. Seluruh guru Khususnya  Guru TIK Kota Singkawang hendaknya mampu menumbuhkan minat dan semangat  untuk mengikuti ajang serupa”. Ungkapnya.

Ketua FGTIKKNAS Purwanto, S.Pd., M.pd., M.Kom berpesan agar apresiasi yang sudah diraih ini dapat menjadi motivasi bagi guru TIK untuk selalu inovatif, kreatif dan inspiratif.

Merayakan Kemerdekaan Menyiapkan Generasi Masa Depan

Rasa nikmat dan karunia yang begitu besar sebagai manusia sejatinya adalah nikmat kemerdekaan. Adanya kemerdekaan ini, potensi manusia sebagai sosok yang diberkan tugas memimpin muka bumi sebagai fitrahnya, menemukan momentumnya. Untuk kembali berbuat yang terbaik, berperan dalam tugas-tugas kehidupannya.

Adapun sebagai hamba Allah, nikmat kemerdekaan ini kita rasakan sebagai membebaskan diri dari penghambaan makhluk, hanya menyeru bahwa Allah-lah Sang Pemberi kebebasan sejati, yang menghantarkan kita pada kebahagiaan dunia dan akhirat.

Merayakan 75 tahun Indonesia telah merdeka, terlebih dimasa pandemic saat ini, dengan cara memeriksa kembali apa-apa yang telah kita lakukan sebagai bangsa selama ini, dan juga merancang strategi untuk menaklukan “ombak” kehidupan dimasa depan.

Kita patut bersyukur bahwa peran-peran ulama, kyai, santri, anak-anak muda dan masyarakat secara luas, pada fase sejarah bangsa ini terus menerus memiliki kiprah yang tidak kecil dalam kancah perjuangan nasional, bisa kita sebutkan pada tahun 1908 adanya kebangkitan nasional yang diprakarsai oleh Soetomo merupakan tokoh muda, 1928 pada gelaran Soempah Pemoeda apalagi, ini event besar yang diinisiasi oleh pemuda Indonesia,  1945, adanya kemerdekaan Indonesia, pada hari sebelum kemerdekaan perbedaan gagasan antara kaum muda dan tua lah yang menyebabkan peristiwa Rengasdengklok, dan dilanjutkan dengan Proklamasi esok hari nya, disitu tercatat ada nama Wikana, Soekarni dll. Bahkan beberapa tahun sebelum 1945 kita catat ada pahlawan yang sekarang diabadikan menjadi nama jalan dibilangan Depok (Jawa Barat) dan sekitarnya ada Margonda, juga merupakan pahlawan nasional yang bisa jadi sebagian dari kita belum tahu. Ada juga Daan Mogot, yang merupakan tokoh pahlawan yang membidani kemerdekaan RI. Tak terhitung hutang kita juga pada Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari, yang telah mengeluarkan resolusi jihad nya untuk memompa semangat perjuangan para ulama, kaum santri, dan masyarakat secara luas. 1974 peristiwa Malari, sampai dengan 1998 adanya Reformasi dari orde baru ke fase berikutnya juga merupakan rangkaian kiprah para pemuda.

Diluar tahun-tahun diatas, barangkali ada catatan sejarah lain yang melimpah ruah dan lagi-lagi membuktikan bahwa pemuda lah, menjadi figur sentral dalam perubahan bangsa ini.Selanjutnya, apa saja yang menjadi tantangan para pemuda ini kedepan ?.

Bahwa gelombang perubahan didepan sana sudah mulai terlihat dan dirasakan. Saat ini dimana kita sudah masuk pada fase Revolusi Industri 4.0, dan tahun Disruption, mau tidak mau, sukarela atau terpaksa, membuat kita wajib untuk belajar terus-menerus berinovasi dengan kemampuan terbaik yang kita punya. Fase inilah yang membuat era digitalisasi menjadi titik perhatian baru, menggeser kebiasaan masyarakat, ditambah dengan menghempaskan mereka-mereka yang tidak mau berubah dan mengadaptasi perubahan.

Kalau kita kenal dengan Kodak  sebagai raja produsen alat potret pada masanya, saat ini hanyalah menjadi kenangan saja setelah setiap smart phone memiliki fungsi foto, bahkan masih ditambah bisa diedit dengan level terbaik. Jaman dulu, kita masih kenal Nokia dengan mottonya “Connecting People” yang begitu mendominasi pasar HP, setelah masa android tiba, namanya meredup (untuk tidak dibilang menghilang), dan diganti dengan “penguasa” alat komunikasi lainnya. Era digital juga merambah kepada industri transportasi dan layanan jasa manusia era ini, adanya ojeg daring, dengan berbagai layanannya menjamur sekali sehingga membuat ojeg konvensional seperti kebakaran jenggot dengan isu penolakan dibeberapa tempat. Bagaimanapun, ketika era digitalisasi ini masuk seperti gelombang besar, maka siapapun yang enggan berubah, maka akan tergusur atau mati. Seperti kisah kodak nokia diatas.

Bagaimana dengan dunia pendidikan ?. Tantangan yang dihadapi para siswa saat ini juga tidak mudah. Skill abad 21 yang diperlukan untuk dikuasai siswa menjadi mutlak untuk dikuasai, beberapa akan diuraikan lewat catatan pendek ini

Kolaborasi dan Flexibility Masa yang akan datang, dimana persaingan sudah tidak lagi antar daerah, namun sudah antar negara (bahkan sudah mulai terasa saat ini), mewajibkan anak-anak kita memiliki skill flexibility menghadapi keadaan, bukannya berfikir strict, kemampuan flexibility ini menunjang agar anak-anak kita lebih lentur dalam menghadapi keadaan. Siap memiliki plan B, C dan seterusnya untuk menghadapi persoalan. Ditambah lagi dengan kemampuan bahasa asing yang memadai, sehingga adanya komunikasi yang baik dengan rekannya yang lain (bahkan antar negara), akan membuat kerja sama yang apik, pertukaran ilmu dan budaya, menjadi lebih arif dalam perbedaan, dan tidak kaget dengan heterogenitas.

Intellectual Curiosity Istilah ini saya dapatkan dari buku Creating Innovators tulisan Tomy Wagner, didalam salah satu halamannya, beliau mengutip saat sesi wawancara dengan pencari bakat Google yang bernama Judy gilbert. “Apa kompetensi yang anda syaratkan untuk menerima pegawai Google ?” tanya Tomy. Pertanyaan ini tentu saja kita mahfum, bahwa saat meraksasanya google saat ini, dimana didominasi oleh orang-orang terbaik didalamnya, serta begitu dirindukannya oleh bakat-bakat terbaik untuk bekerja disana, menjadi kunci penting untuk menerima SDM  didalamnya. Lalu apa jawab om Judy ?, “Tentu saja kami merekrut orang pintar disini, yang pintar coding dan memiliki skill diatas rata-rata, kemudian ada skill lagi yang kami syaratkan, yakni Intellectual Curiosity, kemampuan untuk bisa “mengendus masalah”, mencari tahu ada dimana sekaligus menyelesaikannya. Alih-alih untuk menyalahkan orang lain terhadap masalah itu, atau menunggu orang lain untuk menyelesaikannya, orang dengan bakat ini akan menyelesaikannya dengan cara terbaik yang dia mampu. Singkat kata, kemampuan ini, tentu saja memiliki syarat orang yang mau belajar terus, atau pembelajar sejati. bagaimana tidak, ketika masalah baru muncul, tentu saja dia harus bisa mempelajari teknik penyelesaian terbaru.

Semoga catatan singkat ini memiliki andil dalam perubahan ke arah yang baik, karena merayakan kemerdekaan hari ini, dengan cara menyiapkan generasi masa depan.

Semoga bermanfaat. Salam hangat,

Dedy Setyo Afrianto, M.Pd (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)

Pengurus Pusat FGTIKKNAS

Direktur Pendidikan Nurul Fikri Boarding School Bogor 

 

Sambutan Ketua FGTIKKNAS pada HUT FGTIKKNAS ke-3

 


 

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Kawan – kawan Guru TIK dan KKPI yang terpelajar dan membanggakan, Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT., Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkan kepada kita, sehingga pada hari ini kita masih diberikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan dalam mengabdi untuk pendidikan nasional.

23 Januari 2017 merupakan tahun ketiga dari lahirnya Asosiasi guru TIK dan KKPI Nasional yang selanjutnya bernama Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional (FGTIKKNAS).

Pada tanggal 23 Januari 2014 tersebut merupakan hari bersejarah bagi guru TIK dan KKPI di seluruh Indonesia, karena pada saat itulah mulai terbangun komunikasi antar guru TIK dan KKPI dari berbagai daerah, dan organisasi ini mewadahi berbagai keluhan, opini dan menjadi tempat  berbagi pengetahuan dan pengalaman sesama guru TIK sehingga terbangun solidaritas yang kuat antar guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia. Mungkin pada tanggal 23 Januari layak kita canangkan sebagai Hari Guru TIK Nasional dimana seluruh guru TIK di Indonesia memiliki satu perasaan yang sama, tujuan yang sama, yaitu perjuangan mencerdaskan bangsa terutama dalam hal menanamkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi kepada peserta didik yang menjadi pondasi kehidupan di abad 21.

Sebagai Organisasi Profesi, selama tiga tahun ini, FGTIKKNAS telah melakukan berbagai kiprah yang produktif dalam meningkatkan profesionalisme guru TIK dan KKPI dan melindungi nasib para guru TIK dan KKPI serta berorientasi pada hak para peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran TIK. Dari serangkaian upaya-upaya yang telah kami lakukan ini masih terdapat kekurangan dan kelemahan, oleh karena itu perjuangan masih panjang, masih perlu dukungan moral maupun materil untuk terus kita berjuang bersama-sama demi pendidikan nasional lebih baik. Tentunya dalam setiap perjuangan diperlukan semangat kebersamaan dan saling mengapresiasi.

Tema di HUT FGTIKKNAS ke-3 ini adalah “Guru TIK dan KKPI terdepan dalam Pembelajaran Abad 21” artinya kami mengajak kepada seluruh Guru TIK dan KKPI di Indonesia untuk senantiasa meningkatkan kapasitas sebagai guru TIK yang terdepan sesuai filosofi pendidikan yang diamanatkan Ki Hajar Dewantara yaitu: Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Mari kita buktikan bahwa guru TIK dan KKPI di depan menjadi teladan bagi guru lainnya dan siswa-siswanya, di tengah bersama-sama berkiprah mewarnai pendidikan nasional, di belakang mendukung generasi selanjutnya menjadi generasi yang lebih hebat dari sebelumnya. Guru TIK dan KKPI seyogyanya menjadi agen perubahan yang terdepan sebagai Guru yang visioner, penyelesai masalah dan berkompeten sebagai contoh teladan bagi guru lainnya.

Kawan-kawan guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia yang terpelajar dan membanggakan, kami mengajak semua untuk terus konsisten dalam memperjuangkan kepentingan pendidikan nasional, kepentingan masa depan bangsa dengan cara siap dan mampu berselancar dalam berbagai perubahan baik perkembangan zaman ataupun regulasi yang ada, kita buktikan bahwa guru TIK dan KKPI itu produktif dan berprestasi serta sebagai penyelesai masalah bukan menjadi masalah itu sendiri.

Kami mengajak para guru TIK untuk selalu meningkatkan komitmen dan profesionalisme dengan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan masyarakat. Guru TIK  seyogyanya juga peka terhadap isu-isu nasional, seperti maraknya ujaran kebencian di sosial media. Dengan posisinya strategisnya guru TIK bersama komponen bangsa lainnya, diharapkan mampu mengkampanyekan penggunaan TIK untuk hal-hal yang positif dan konstruktif. FGTIKKNAS secara konsisten menuntun perilaku guru TIK dan KKPI Indonesia yang santun, kompeten dan professional.

Akhirnya saya mengucapkan Selamat HUT ke-3 FGTIKKNAS semoga tetap terus konsisten memperjuangkan kualitas pendidikan nasional terutama pada pembelajaran TIK untuk masa depan bangsa. Selamat kepada guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia yang senantiasa menjadi terdepan dalam perubahan, Masih banyak hal yang perlu kita perjuangkan. Semoga setiap upaya kita dalam memajukan pendidikan nasional memberikan manfaat dan sebagai amal ibadah kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Selamat berkarya para Agent of Change Indonesia

Billahi Taufik Walhidayah,Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

23 Januari 2017

Ketua FGTIKKNAS,

 

Dr. Firman Oktora, S.Si., M.Pd.

Pengumuman Lainnya Dapat Dilihat pada Group Facebook FGTIKKNAS, dengan cara klik tombol facebook disudut kanan atas, sukses untuk kita semua !!!

Donasi Organisasi

Kirim Donasi ke Rekening BRI Simpedes No : 3996-01-006309-53-3

atas nama FGTIKKNAS

Kantor Unit Sarijadi Bandung Setiabudi.

 

Info top

Bagi Pengguna Tablet & Smartphone :
Sebelum membuka situs aktifkan Rotasi layar, kemudian buka situs FGTIKKNAS menggunakan layar Landscape agar tampilan bisa maksimal, sukses !!!

Selalu bersyukur, maksimalkan yang minimal !!!

_ Biak Kuale

Green module

Violet module

 Sekilas info nanti disini ....

Sekarang

Kami memiliki 10 tamu dan tidak ada anggota online

Loading ...