Situs Resmi FGTIKKNAS
Bersinergi bersama Puskurjar melalui Webinar : Memahami Penyesuaian Capaian Pembelajaran (CP) Mata Pelajaran Informatika pada Kurikulum Merdeka."
- Detail
- Kategori: Berita
- Diterbitkan: Rabu, 28 Februari 2024 12:54
Jum'at tanggal 23 Februari 2024, Komunitas Belajar FGTIKKNAS bekerjasama dengan Puskurjar Kemendikbud ristek menyelenggarakan Webinar Nasional bertajuk "Memahami Penyesuaian Capaian Pembelajaran (CP) Mata Pelajaran Informatika pada Kurikulum Merdeka". Kegiatan ini terselenggara atas dukungan dari PANDI dan Oracle Academy.
Kegiatan webinar tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbud ristek, Bapak Zulfikri Anas, M.Ed. pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa “di zaman era digital guru harus bisa mengarahkan peserta didik untuk memfilter informasi yang diterima, tentunya Kurikulum harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di zaman sekarang dimana Semua data dapat diakses dgn mudah terekam dengan cepat serta terintegrasi dengan cepat maka peserta didik harus bisa berfikir secara komputasional dan berfikir holistik. Sehingga, baik guru maupun peserta didik harus bisa menggunakan teknologi dengan bijak”.
Sebagai narasumber hadir Bapak Dr. Yogi Anggraena, M.Si. selaku Koordinator Pengembangan Kurikulum Puskurjar Kemendikbud ristek menyampaikan bahwa “untuk tahun pelajaran baru akan dibuatkan panduan makna-makna Capaian Pembelajaran (CP) untuk semua mata pelajaran. Karena mata pelajaran informatika wajib untuk SD, SMP, SMA kelas X maka di perbolehkan guru berlatar belakang MIPA bisa mengajar informatika karena pemerintah belum mampu mengangkat guru informatika sejumlah sekolah yang kosong (tidak ada guru informatika). Tetapi untuk SMA kelas XI dan XII karena informatika dijadikan mata pelajaran pilihan maka guru yg mengajar harus mempunyai latar belakang informatika”.
Sementara itu, Bapak Leli Alhapip, S.Pd., M.Eng. dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan bahwa “Tujuan Mata Pelajaran Informatika yaitu mengantarkan peserta didik untuk menguasai konsep dan praktik informatika. Konsep informatika diperuntukkan untuk sekolah yang tidak memiliki perangkat informatika, sedangkan praktik informatika diperuntukkan untuk sekolah yg mempunyai perangkat informatika”.
Kegiatan webinar yang diikuti oleh 1071 peserta yang terdaftar secara gratis melalui PMM, mengupas tuntas latar belakang dan tujuan pengurangan CP Mata Pelajaran Informatika serta penyesuaiannya dan dampak yang diharapkan untuk diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran Informatika di tiap fasenya.
Disela-sela pemaparan materi dari narasumber, hadir Ibu Meita Pratiwi selaku Manager Bussines Strategi dan Ibu Venny Putri selaku Marketing s.id yang mewakili PANDI memaparkan tentang struktur domain, kegunaan domain di berbagai sektor. Serta peran PANDI dalam membantu dan memfasilitasi kebutuhan dalam pengginaan TIK di semua sektor utamanya pada sektor Pendidikan. Selain itu, hadir pula Ibu Nurul Huda, S.I.Kom., M.Si selaku Oracle Academy Manager Southest Asia menyampaikan bahwa “Oracle merupakan perurahanan yang konsen dibalik layar dalam dalam mengembangan teknologi informasi di semua sektor”. Beliau juga menjelaskan peran oracle academy dalam pengembangan SDM dalam hal ini membuka peluang pelatihan dan Pendidikan bagi siswa maupun guru dalam memahami dan mendalami berbagai ilmu teknologi informasi.
Melalui kegiatan webinar, FGTIKKNAS berkomitmen untuk terus bersinergi dan konsisten menjadi garda terdepat dalam perubahan dan pemanfaatan teknologi untuk memajukan pendidikan Indonesia.
Audiensi DPP FGTIKKNAS dengan Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) Pusdatin
- Detail
- Kategori: Berita
- Diterbitkan: Kamis, 14 Desember 2023 09:50
Pada hari Senin, 11 Desember 2023 di gedung BLPT ( Balai layanan platform teknologi ) pusdatin Kemendikbud ristek yang beralamat di Ciputat , Tangerang Selatan telah dilaksanakan pertemuan dan koordinasi antara FGTIKKNAS ( Federasi Guru Tik dan Informatika Nasional ) dengan BLPT (Balai layanan platform teknologi). Dalam pertemuan ini dari pihak FGTIKKNAS diwakili oleh pengurus DPP FGTIKKNAS Dan disambut dengan sangat baik oleh tim BLPT yaitu :
Kepala Balai Layanan Platform Teknologi : Wibowo Mukti, S.Kom., M.Si
Koordinator Jejaring dan Kemitraan : Arief Darmawan, S.T., M.Pd
Koordinator Distribusi Platform : Tuti Alawiyah, S.IKom., M.Si
Koordinator Pelayanan Pemanfaatan : Agus Ali Sriwartono, S.IP.
Tujuan dari kegiatan pertemuan dan koordinasi ini adalah untuk mempererat jalinan silaturahmi, sinergi dan kolaborasi antara FGTIKKNAS dengan BLPT untuk bersama-sama mendukung suksesnya pendidikan di Indonesia melalui upaya penyebaran serta peningkatan pemanfaatan platform teknologi guna optimalisasi implementasi kurikulum merdeka di seluruh Indonesia.
Guru TIK dan Informatika di seluruh Indonesia tentunya hampir semua berlatar belakang TIK tentunya linieritas keilmuan sangat mendukung untuk sinergi dengan BLPT untuk membantu optimalisasi pemanfaatan platform teknologi yang diluncurkan oleh Kemendikbud ristek melalui Balai layanan platform teknologi ( BLPT ). Menyikapi kondisi saat ini bahwa peserta didik kita adalah anak-anak native digital yaitu anak yang dilahirkan dan berada di zaman digital sehingga antusias belajar belajar peserta didik akan meningkat dengan pemanfaatan platform platform teknologi dalam ekosistem pembelajaran di sekolah.
Dalam kegiatan juga ada pembahasan serta diskusi terkait dengan pemanfaatan platform teknologi yang telah dikembangkan oleh Kemendikbudristek untuk memberikan banyak kemudahan dalam hal pengembangan materi pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi pendidik dan peserta didik, beberapa diantaranya yaitu platform Rumah Belajar, Platform Merdeka Mengajar (PMM), SIPLah, ARKAS, Rapor Pendidikan, TANYA BOS dan platform lainnya yang masih terus dikembangkan. Oleh karena itu FGTIKKNAS siap mendukung, bersinergi dan berkolaborasi dengan BLPT untuk membantu optimalisasi pemanfaatan platform-platform teknologi di berbagai daerah demi suksesnya transformasi digitalisasi pendidikan di Indonesia.
Ketua FGTIKKNAS Budi Rahayu,M.Kom menegaskan bahwa hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bisa berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan BLPT dan di harapkan guru-guru tik / informatika di sekolah bisa menjadi agen akselerasi dari program-program BLPT sehingga bisa berjalan dengan baik.Budi juga menyampaikan harapan nya ,kedepan ada program duta teknologi tingkat sekolah oleh guru tik/informatika yang menjadi pioneer pelaksanakan dan penggunaan Platform teknologi pendidikan di sekolah (humas)
Artikel Selanjutnya...
- Audiensi DPP FGTIKKNAS dengan Puskurjar Kemendikbudristek.
- Workshop dan ToT Computational Thinking AWS Technology bersama Sagasitas Indonesia
- Download Sertifikat
- Bimbingan Teknis Informatika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Informatika SMA di Provinsi Lampung
- FGTIKKNAS Menjadi Fasilitator Rapat Koordinasi Penyusunan Desain Program Fasilitasi Organisasi Profesi GTK Kemdikbudristek
- Ketua Umum FGTIKKNAS Menjadi Narasumber Coaching Clinic Kurikulum Merdeka
- FGTIKKNAS Mengapresiasi Kegiatan yang Digelar SLCC dan APKS PGRI Kota Singkawang
- Furika, Pengurus FGTIKKNAS Juara ketiga lomba Anugerah GTK Berdedikasi Tahun 2021
- Merayakan Kemerdekaan Menyiapkan Generasi Masa Depan
- Informasi Workshop