Situs Resmi FGTIKKNAS

Bersinergi bersama Puskurjar melalui Webinar : Memahami Penyesuaian Capaian Pembelajaran (CP) Mata Pelajaran Informatika pada Kurikulum Merdeka."

Jum'at tanggal 23 Februari 2024, Komunitas Belajar FGTIKKNAS bekerjasama dengan Puskurjar Kemendikbud ristek menyelenggarakan Webinar Nasional bertajuk "Memahami Penyesuaian Capaian Pembelajaran (CP) Mata Pelajaran Informatika pada Kurikulum Merdeka". Kegiatan ini terselenggara atas dukungan dari PANDI dan Oracle Academy.

Kegiatan webinar tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbud ristek, Bapak Zulfikri Anas, M.Ed. pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa “di zaman era digital guru harus bisa mengarahkan peserta didik untuk memfilter informasi yang diterima, tentunya Kurikulum harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di zaman sekarang dimana Semua data dapat diakses dgn mudah terekam dengan cepat serta terintegrasi dengan cepat maka peserta didik harus bisa berfikir secara komputasional dan berfikir holistik. Sehingga, baik guru maupun peserta didik harus bisa menggunakan teknologi dengan bijak”.

Sebagai narasumber hadir Bapak Dr. Yogi Anggraena, M.Si. selaku Koordinator Pengembangan Kurikulum Puskurjar Kemendikbud ristek menyampaikan bahwa “untuk tahun pelajaran baru akan dibuatkan panduan makna-makna Capaian Pembelajaran (CP) untuk semua mata pelajaran. Karena mata pelajaran informatika wajib untuk SD, SMP, SMA kelas X maka di perbolehkan guru berlatar belakang MIPA bisa mengajar informatika karena pemerintah belum mampu mengangkat guru informatika sejumlah sekolah yang kosong (tidak ada guru informatika). Tetapi untuk SMA kelas XI dan XII karena informatika dijadikan mata pelajaran pilihan maka guru yg mengajar harus mempunyai latar belakang informatika”.

Sementara itu, Bapak Leli Alhapip, S.Pd., M.Eng. dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan bahwa “Tujuan Mata Pelajaran Informatika yaitu mengantarkan peserta didik untuk menguasai konsep dan praktik informatika. Konsep informatika diperuntukkan untuk sekolah yang tidak memiliki perangkat informatika, sedangkan praktik informatika diperuntukkan untuk sekolah yg mempunyai perangkat informatika.

Kegiatan webinar yang diikuti oleh 1071 peserta yang terdaftar secara gratis melalui PMM, mengupas tuntas latar belakang dan tujuan pengurangan CP Mata Pelajaran Informatika serta penyesuaiannya dan dampak yang diharapkan untuk diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran Informatika di tiap fasenya.

Disela-sela pemaparan materi dari narasumber, hadir Ibu Meita Pratiwi selaku Manager Bussines Strategi dan Ibu Venny Putri selaku Marketing s.id yang mewakili PANDI memaparkan tentang struktur domain, kegunaan domain di berbagai sektor. Serta peran PANDI dalam membantu dan memfasilitasi kebutuhan dalam pengginaan TIK di semua sektor utamanya pada sektor Pendidikan. Selain itu, hadir pula Ibu Nurul Huda, S.I.Kom., M.Si selaku Oracle Academy Manager Southest Asia menyampaikan bahwa “Oracle merupakan perurahanan yang konsen dibalik layar dalam dalam mengembangan teknologi informasi di semua sektor”. Beliau juga menjelaskan peran oracle academy dalam pengembangan SDM dalam hal ini membuka  peluang pelatihan dan Pendidikan bagi siswa maupun guru dalam memahami dan mendalami berbagai ilmu teknologi informasi.

Melalui kegiatan webinar, FGTIKKNAS berkomitmen untuk terus bersinergi dan konsisten menjadi garda terdepat dalam perubahan dan pemanfaatan teknologi untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Audiensi DPP FGTIKKNAS dengan Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) Pusdatin

Pada hari Senin, 11 Desember 2023 di gedung BLPT ( Balai layanan platform teknologi ) pusdatin Kemendikbud ristek yang beralamat di Ciputat , Tangerang Selatan telah dilaksanakan pertemuan dan koordinasi antara FGTIKKNAS ( Federasi Guru Tik dan Informatika Nasional ) dengan BLPT (Balai layanan platform teknologi). Dalam pertemuan ini dari pihak FGTIKKNAS diwakili oleh pengurus DPP FGTIKKNAS Dan disambut dengan sangat baik oleh tim BLPT yaitu :

Kepala Balai Layanan Platform Teknologi : Wibowo Mukti, S.Kom., M.Si

Koordinator Jejaring dan Kemitraan : Arief Darmawan, S.T., M.Pd

Koordinator Distribusi Platform : Tuti Alawiyah, S.IKom., M.Si

Koordinator Pelayanan Pemanfaatan : Agus Ali Sriwartono, S.IP.

Tujuan dari kegiatan pertemuan dan koordinasi ini adalah untuk mempererat jalinan silaturahmi, sinergi dan kolaborasi antara FGTIKKNAS dengan BLPT untuk bersama-sama mendukung suksesnya pendidikan di Indonesia melalui upaya penyebaran serta peningkatan pemanfaatan platform teknologi guna optimalisasi  implementasi kurikulum merdeka di seluruh Indonesia. 

Guru TIK dan Informatika di seluruh Indonesia tentunya hampir semua berlatar belakang TIK tentunya linieritas keilmuan sangat mendukung untuk sinergi dengan BLPT untuk membantu optimalisasi pemanfaatan platform teknologi yang diluncurkan oleh Kemendikbud ristek melalui Balai layanan platform teknologi ( BLPT ). Menyikapi kondisi saat ini bahwa peserta didik kita adalah anak-anak native digital yaitu anak yang dilahirkan dan berada di zaman digital sehingga antusias belajar belajar peserta didik akan meningkat dengan pemanfaatan platform platform teknologi dalam ekosistem pembelajaran di sekolah.

Dalam kegiatan juga ada pembahasan serta diskusi terkait dengan pemanfaatan platform teknologi yang telah dikembangkan oleh Kemendikbudristek untuk memberikan banyak kemudahan dalam hal pengembangan materi pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi pendidik dan peserta didik, beberapa diantaranya yaitu platform Rumah Belajar, Platform Merdeka Mengajar (PMM), SIPLah, ARKAS, Rapor Pendidikan, TANYA BOS dan  platform lainnya yang masih terus dikembangkan. Oleh karena itu FGTIKKNAS siap mendukung, bersinergi dan berkolaborasi dengan BLPT untuk membantu optimalisasi pemanfaatan platform-platform teknologi di berbagai daerah demi suksesnya transformasi digitalisasi pendidikan di Indonesia.

Ketua FGTIKKNAS Budi Rahayu,M.Kom menegaskan bahwa hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bisa berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan BLPT dan di harapkan guru-guru tik / informatika di sekolah bisa menjadi agen akselerasi dari program-program BLPT sehingga bisa berjalan dengan baik.Budi juga menyampaikan harapan nya ,kedepan ada program duta teknologi tingkat sekolah oleh guru tik/informatika yang menjadi pioneer pelaksanakan dan penggunaan Platform teknologi pendidikan di sekolah (humas)

 

Sambutan Ketua FGTIKKNAS pada HUT FGTIKKNAS ke-3

 


 

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Kawan – kawan Guru TIK dan KKPI yang terpelajar dan membanggakan, Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT., Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkan kepada kita, sehingga pada hari ini kita masih diberikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan dalam mengabdi untuk pendidikan nasional.

23 Januari 2017 merupakan tahun ketiga dari lahirnya Asosiasi guru TIK dan KKPI Nasional yang selanjutnya bernama Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional (FGTIKKNAS).

Pada tanggal 23 Januari 2014 tersebut merupakan hari bersejarah bagi guru TIK dan KKPI di seluruh Indonesia, karena pada saat itulah mulai terbangun komunikasi antar guru TIK dan KKPI dari berbagai daerah, dan organisasi ini mewadahi berbagai keluhan, opini dan menjadi tempat  berbagi pengetahuan dan pengalaman sesama guru TIK sehingga terbangun solidaritas yang kuat antar guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia. Mungkin pada tanggal 23 Januari layak kita canangkan sebagai Hari Guru TIK Nasional dimana seluruh guru TIK di Indonesia memiliki satu perasaan yang sama, tujuan yang sama, yaitu perjuangan mencerdaskan bangsa terutama dalam hal menanamkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi kepada peserta didik yang menjadi pondasi kehidupan di abad 21.

Sebagai Organisasi Profesi, selama tiga tahun ini, FGTIKKNAS telah melakukan berbagai kiprah yang produktif dalam meningkatkan profesionalisme guru TIK dan KKPI dan melindungi nasib para guru TIK dan KKPI serta berorientasi pada hak para peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran TIK. Dari serangkaian upaya-upaya yang telah kami lakukan ini masih terdapat kekurangan dan kelemahan, oleh karena itu perjuangan masih panjang, masih perlu dukungan moral maupun materil untuk terus kita berjuang bersama-sama demi pendidikan nasional lebih baik. Tentunya dalam setiap perjuangan diperlukan semangat kebersamaan dan saling mengapresiasi.

Tema di HUT FGTIKKNAS ke-3 ini adalah “Guru TIK dan KKPI terdepan dalam Pembelajaran Abad 21” artinya kami mengajak kepada seluruh Guru TIK dan KKPI di Indonesia untuk senantiasa meningkatkan kapasitas sebagai guru TIK yang terdepan sesuai filosofi pendidikan yang diamanatkan Ki Hajar Dewantara yaitu: Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Mari kita buktikan bahwa guru TIK dan KKPI di depan menjadi teladan bagi guru lainnya dan siswa-siswanya, di tengah bersama-sama berkiprah mewarnai pendidikan nasional, di belakang mendukung generasi selanjutnya menjadi generasi yang lebih hebat dari sebelumnya. Guru TIK dan KKPI seyogyanya menjadi agen perubahan yang terdepan sebagai Guru yang visioner, penyelesai masalah dan berkompeten sebagai contoh teladan bagi guru lainnya.

Kawan-kawan guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia yang terpelajar dan membanggakan, kami mengajak semua untuk terus konsisten dalam memperjuangkan kepentingan pendidikan nasional, kepentingan masa depan bangsa dengan cara siap dan mampu berselancar dalam berbagai perubahan baik perkembangan zaman ataupun regulasi yang ada, kita buktikan bahwa guru TIK dan KKPI itu produktif dan berprestasi serta sebagai penyelesai masalah bukan menjadi masalah itu sendiri.

Kami mengajak para guru TIK untuk selalu meningkatkan komitmen dan profesionalisme dengan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan masyarakat. Guru TIK  seyogyanya juga peka terhadap isu-isu nasional, seperti maraknya ujaran kebencian di sosial media. Dengan posisinya strategisnya guru TIK bersama komponen bangsa lainnya, diharapkan mampu mengkampanyekan penggunaan TIK untuk hal-hal yang positif dan konstruktif. FGTIKKNAS secara konsisten menuntun perilaku guru TIK dan KKPI Indonesia yang santun, kompeten dan professional.

Akhirnya saya mengucapkan Selamat HUT ke-3 FGTIKKNAS semoga tetap terus konsisten memperjuangkan kualitas pendidikan nasional terutama pada pembelajaran TIK untuk masa depan bangsa. Selamat kepada guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia yang senantiasa menjadi terdepan dalam perubahan, Masih banyak hal yang perlu kita perjuangkan. Semoga setiap upaya kita dalam memajukan pendidikan nasional memberikan manfaat dan sebagai amal ibadah kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Selamat berkarya para Agent of Change Indonesia

Billahi Taufik Walhidayah,Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

23 Januari 2017

Ketua FGTIKKNAS,

 

Dr. Firman Oktora, S.Si., M.Pd.

Pengumuman Lainnya Dapat Dilihat pada Group Facebook FGTIKKNAS, dengan cara klik tombol facebook disudut kanan atas, sukses untuk kita semua !!!

Donasi Organisasi

Kirim Donasi ke Rekening BRI Simpedes No : 3996-01-006309-53-3

atas nama FGTIKKNAS

Kantor Unit Sarijadi Bandung Setiabudi.

 

Info top

Bagi Pengguna Tablet & Smartphone :
Sebelum membuka situs aktifkan Rotasi layar, kemudian buka situs FGTIKKNAS menggunakan layar Landscape agar tampilan bisa maksimal, sukses !!!

Selalu bersyukur, maksimalkan yang minimal !!!

_ Biak Kuale

Green module

Violet module

 Sekilas info nanti disini ....

Sekarang

Kami memiliki 8 tamu dan tidak ada anggota online

Loading ...