Situs Resmi FGTIKKNAS

Bimbingan Teknis Informatika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Informatika SMA di Provinsi Lampung

 

 

Selasa, 16 Agustus 2022 di Aula BGP ( Balai Guru Penggerak ) Provinsi Lampung diselenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Informatika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Aula BGP (Balai Guru Penggerak) Provinsi Lampung. Kegiatan ini di selenggarakan oleh MGTIK (Musyawarah Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi) SMA Provinsi Lampung kolaborasi dengan BGP (Balai Guru Penggerak) Provinsi Lampung dan IIB (Institut Informatika dan Bisnis) Darmajaya Lampung serta dukungan dari  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi lampung. 

Tri Nurul Fajarotun, S.Kom., M.T.I  selaku ketua panitia Bimbingan Teknis Informatika yang merupakan guru Informatika di SMAN 1 Metro mengatakan “kegiatan Bimtek Informatika ini dilaksanakan karena adanya perubahan kebijakan kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka yang memberikan dampak bagi Guru TIK/Informatika yakni dengan adanya pemberlakuan Mata Pelajaran Informatika sebagai pengganti Bimbingan TIK pada kurikulum sebelumnya. Oleh karena itu Bimbingan Teknis Informatika di pandang sangat penting untuk dilaksanakan guna meningkatkan profesionalisme Guru Informatika dalam implementasi Kurikum Merdeka”.

Kegiatan Bimbingan Teknis Informatika ini di ikuti oleh sekitar 100 peserta dari unsur Guru Informatika SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BGP Provinsi Lampung (Dra.Suriatanti Suryadi, M.Si), Kabid GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung (Linda Fanheti, SE., MM) , Kaprodi MTI IIB Darmajaya ( Dr. Joko Triloka, ST., MT) serta Narasumber Coding Skills (Arman Suryadi karim, S.Kom., M.T.I). Materi dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Informatika ini meliputi Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka, Optimalisasi Akun Belajar.ID dan Platform Merdeka Mengajar serta Elemen Informatika Dalam Kurikulum Merdeka (Coding Skils).

Dihubungi di sela-sela kegiatan Kepala BGP Provinsi Lampung Ibu Dra.Suriatanti Suryadi, M.Si, menyampaikan bahwa BGP Provinsi Lampung sangat mengapresiasi pelaksanaan Bimtek Informatika ini, filosofi “gotong royong” kolaborasi antara BGP dan MGTIK tercermin dalam kegiatan ini untuk usaha percepatan pemanfaatan platform merdeka mengajar serta peningkatan SDM Guru Informatika sehingga tercipta ekosistem pendidikan dengan SDM berkualitas.

 

Ketua Panitia Tri Nurul Fajarotun, S.Kom., M.T.I yang juga merupakan Co-Kapten Belajar.ID Provinsi Lampung ini berharap peran MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) di Era Merdeka Belajar harus di optimalkan karena MGMP merupakan wadah untuk memfasilitasi guru bidang studi yang sama dalam berdiskusi dan berbagi informasi serta pengalaman sehingga memperkuat kompetensi guru dalam mengajar.

 

FGTIKKNAS Menjadi Fasilitator Rapat Koordinasi Penyusunan Desain Program Fasilitasi Organisasi Profesi GTK Kemdikbudristek

 

 

Jakarta- Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Desain Program Fasilitasi Organisasi Profesi Guru danTenaga Kependidikan, bertempat di Hotel Discovery Ancol Jakarta tanggal 22 sd 24 Juni 2022,  

Kegiatan Rapat Koordinasi tersebut dibuka secara daring oleh Sekretaris Dirjen  GTK, Prof Dr. Nunuk Suryani, M.Pd belia  mengatakan bahwa organisasi profesi mempunyai peran penting dalam memajukan pendidikan.

Sebelum kegiatan Rapat koordinasi para peserta terlebih dahulu mendapatkan materi dari Prof Fasli Jalal terkait peran organisasi profesi, kegiatan ini  dihadiri oleh 69 organisasi profesi,  dari FGTIKKNAS kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh Sekjend FGTIKKNAS (Imron Rosadi, ST., M.Kom) yang juga dipercaya oleh Dirjen GTK untuk menjadi fasilitator dalam kegiatan tersebut.

Ada 3 hal utama yang menjadi pembahasan pada rapat penyusunan desain proram fasilitasi tersebut diantaranya sebagai berikut, Sistem administrasi organisasi,  Kode Etik organisasi,  Peran organisasi

Dihubungi disela-sela kegiatan menurut Imron Rosadi, Penting bagi organiassi profesi untuk ikut berperan aktif dalam memajukan pendidikan, dan secara umum FGTIKKNAS sangat mengapresiasi kegiatan  yang diselenggarakan Dirjen GTK Kemdikbudristek, hal ini menunjukkan komitmen pemerintah pusat dalam mendukung dan memfasilitasi organisasi profesi.

Hasil akhir dari kegiatan ini telah dicapai beberapa kesepakatan antar organisasi profesi untuk diserahkan kepada Dirjen GTK Kemdikburistek untuk segera dapat ditindak lanjuti(red/im)

 

 

 

Sambutan Ketua FGTIKKNAS pada HUT FGTIKKNAS ke-3

 


 

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Kawan – kawan Guru TIK dan KKPI yang terpelajar dan membanggakan, Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT., Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkan kepada kita, sehingga pada hari ini kita masih diberikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan dalam mengabdi untuk pendidikan nasional.

23 Januari 2017 merupakan tahun ketiga dari lahirnya Asosiasi guru TIK dan KKPI Nasional yang selanjutnya bernama Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional (FGTIKKNAS).

Pada tanggal 23 Januari 2014 tersebut merupakan hari bersejarah bagi guru TIK dan KKPI di seluruh Indonesia, karena pada saat itulah mulai terbangun komunikasi antar guru TIK dan KKPI dari berbagai daerah, dan organisasi ini mewadahi berbagai keluhan, opini dan menjadi tempat  berbagi pengetahuan dan pengalaman sesama guru TIK sehingga terbangun solidaritas yang kuat antar guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia. Mungkin pada tanggal 23 Januari layak kita canangkan sebagai Hari Guru TIK Nasional dimana seluruh guru TIK di Indonesia memiliki satu perasaan yang sama, tujuan yang sama, yaitu perjuangan mencerdaskan bangsa terutama dalam hal menanamkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi kepada peserta didik yang menjadi pondasi kehidupan di abad 21.

Sebagai Organisasi Profesi, selama tiga tahun ini, FGTIKKNAS telah melakukan berbagai kiprah yang produktif dalam meningkatkan profesionalisme guru TIK dan KKPI dan melindungi nasib para guru TIK dan KKPI serta berorientasi pada hak para peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran TIK. Dari serangkaian upaya-upaya yang telah kami lakukan ini masih terdapat kekurangan dan kelemahan, oleh karena itu perjuangan masih panjang, masih perlu dukungan moral maupun materil untuk terus kita berjuang bersama-sama demi pendidikan nasional lebih baik. Tentunya dalam setiap perjuangan diperlukan semangat kebersamaan dan saling mengapresiasi.

Tema di HUT FGTIKKNAS ke-3 ini adalah “Guru TIK dan KKPI terdepan dalam Pembelajaran Abad 21” artinya kami mengajak kepada seluruh Guru TIK dan KKPI di Indonesia untuk senantiasa meningkatkan kapasitas sebagai guru TIK yang terdepan sesuai filosofi pendidikan yang diamanatkan Ki Hajar Dewantara yaitu: Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Mari kita buktikan bahwa guru TIK dan KKPI di depan menjadi teladan bagi guru lainnya dan siswa-siswanya, di tengah bersama-sama berkiprah mewarnai pendidikan nasional, di belakang mendukung generasi selanjutnya menjadi generasi yang lebih hebat dari sebelumnya. Guru TIK dan KKPI seyogyanya menjadi agen perubahan yang terdepan sebagai Guru yang visioner, penyelesai masalah dan berkompeten sebagai contoh teladan bagi guru lainnya.

Kawan-kawan guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia yang terpelajar dan membanggakan, kami mengajak semua untuk terus konsisten dalam memperjuangkan kepentingan pendidikan nasional, kepentingan masa depan bangsa dengan cara siap dan mampu berselancar dalam berbagai perubahan baik perkembangan zaman ataupun regulasi yang ada, kita buktikan bahwa guru TIK dan KKPI itu produktif dan berprestasi serta sebagai penyelesai masalah bukan menjadi masalah itu sendiri.

Kami mengajak para guru TIK untuk selalu meningkatkan komitmen dan profesionalisme dengan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan masyarakat. Guru TIK  seyogyanya juga peka terhadap isu-isu nasional, seperti maraknya ujaran kebencian di sosial media. Dengan posisinya strategisnya guru TIK bersama komponen bangsa lainnya, diharapkan mampu mengkampanyekan penggunaan TIK untuk hal-hal yang positif dan konstruktif. FGTIKKNAS secara konsisten menuntun perilaku guru TIK dan KKPI Indonesia yang santun, kompeten dan professional.

Akhirnya saya mengucapkan Selamat HUT ke-3 FGTIKKNAS semoga tetap terus konsisten memperjuangkan kualitas pendidikan nasional terutama pada pembelajaran TIK untuk masa depan bangsa. Selamat kepada guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia yang senantiasa menjadi terdepan dalam perubahan, Masih banyak hal yang perlu kita perjuangkan. Semoga setiap upaya kita dalam memajukan pendidikan nasional memberikan manfaat dan sebagai amal ibadah kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Selamat berkarya para Agent of Change Indonesia

Billahi Taufik Walhidayah,Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

23 Januari 2017

Ketua FGTIKKNAS,

 

Dr. Firman Oktora, S.Si., M.Pd.

Pengumuman Lainnya Dapat Dilihat pada Group Facebook FGTIKKNAS, dengan cara klik tombol facebook disudut kanan atas, sukses untuk kita semua !!!

Donasi Organisasi

Kirim Donasi ke Rekening BRI Simpedes No : 3996-01-006309-53-3

atas nama FGTIKKNAS

Kantor Unit Sarijadi Bandung Setiabudi.

 

Info top

Bagi Pengguna Tablet & Smartphone :
Sebelum membuka situs aktifkan Rotasi layar, kemudian buka situs FGTIKKNAS menggunakan layar Landscape agar tampilan bisa maksimal, sukses !!!

Selalu bersyukur, maksimalkan yang minimal !!!

_ Biak Kuale

Green module

Violet module

 Sekilas info nanti disini ....

Sekarang

Kami memiliki 7 tamu dan tidak ada anggota online

Loading ...