Situs Resmi FGTIKKNAS
Workshop FGTIKKNAS Dibanjiri Peserta
- Detail
- Kategori: Berita
- Diterbitkan: Selasa, 14 April 2020 20:40
Adanya wabah pandemik global Covid-19 ke hampir seluruh negara di dunia, menyebabkan perubahan gaya hidup, gaya bekerja, gaya belajar dan gaya-gaya lainnya. Indonesia sebagai salah satu komunitas di dunia pun tidak terkecuali, menjadi bagian negara yang terdampak adanya wabah tersebut.
Masyarakat Indonesia yang pluralis dengam berbagai latar belakang profesi, tingkat pendidikan, tingkat kesejahteraan dan adanya faktor geografis yang luas, nampaknya harus ‘dipaksa’ mengubah berbagai kebiasaan hidupnya. Semua aktivitas harus merujuk pada upaya-upaya untuk mencegah penularan Covid-19.
Proses pendidikan, yang merupakan bagian penting dari sebuah kehidupan berbangsa, termasuk yang harus menjadi korban dari pandemi tersebut. Tata kelola yang ada saat ini, tentu saja menjadi tidak relevan dan tidak memungkinkan untuk dipertahankan.
Dalam kondisi seperti di atas, proses pembelajaran pada anak bangsa harus terus berlangsung, bagaimanapun caranya. Di sinilah para pelaku pendidikan, dituntut untuk memiliki kemampuan dan memiliki cukup keilmuan untuk membelajarkan peserta didik walaupun tanpa interaksi dan tatap muka langsung.
Maka pembelajaran daring, distance learning, home learning, atau online learning begitu populer akhir-akhir ini dikalangan pelaku pendidikan. Walaupun kepopuleran tersebut belum menjamin itu adalah gambaran konkrit bagaimana penguasaan pelaku pendidikan khususnya guru dalam memahami dan menerapkannya dalam kelas-kelas yang diampu.
Selamat Hari Guru ke 74 Tahun 2019
- Detail
- Kategori: Berita
- Diterbitkan: Senin, 25 November 2019 13:05
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera untuk kita semua.
Kawan-kawan Guru di seluruh Indonesia, hari ini, 25 November 2019. Sebagaimana kita ketahui, kita sama-sama peringati sebagai Hari Guru Nasional (HGN). Layaknya peringatan sebuah hari lahir, kita disibukkan dengan mengirimkan ucapan, mengadakan seremoni, upacara dan berbagai bentuk-bentuk kegiatan ‘mainstream’ lainnya. Gapura-gapura sekolah, sudut-sudut jalan, dan akun-akun sosial media semuanya marak dengan penyambutan dengan kata retorik.
Namun, pertanyaan eksploratifnya adalah, cukupkah kita menyambutnya hanya dengan menyemarakkan, meramaikan kemudian memviralkannya? Tidak adakah aktivitas yang lebih substantif? Semisal ‘deep reflection’ guru untuk menemukan pesan terhadap perjalanan guru selama ini. Pertanyaan besarnya adalah apakah benar anak-anak memang merindukan kehadiran kita di kelas? Apakah benar anak-anak menunggu kita untuk menjawab kesulitannya? Masihkah petuah-petuah kita mampu mengobati kegalauan anak-anak?
Di era semua serba terkoneksi seperti saat ini, anak-anak begitu mudahnya mendapatkan sesuatu yang mereka butuhkan dari berbagai sumber. Hebatnya lagi, sumber-sumber yang menjadi rujukan anak-anak jauh lebih memahami ‘style’ anak-anak. Para sumber tersebut dapat diasosiakan mirip dengan anak-anak kita yang sudah serba digital. Makanya jangan heran, jika anak-anak kita akan lebih nyaman berlama-lama di google, wikipedia, ruangguru, dan lain sebagainya dari pada berdiskusi, berdebat, adu konsep dan argumen di ruang-ruang kelas. Karena baginya ruang kelas tak ubahnya ruang beton yang diawasi oleh penjaga yang kaku dan asing.
Artikel Selanjutnya...
- FGTIKKNAS, Satu Jam Bersama “Mas Menteri”
- Pergantian Ketua FGTIKKNAS dari Firman Oktora kepada Purwanto
- FGTIKKNAS Mengapresiasi Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemendikbud No. 5901/D/KR/2019
- FGTIKKNAS Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H
- Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019
- Sekilas Tentang TIK dan Informatika Pada Tahun Pelajaran 2019/2020
- Guru TIK Mengikuti Pelatihan Coding ke India
- Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ke Luar Negeri Tahun 2019
- FGTIKKNAS SUKSES MELAKSANAKAN SEMINAR NASIONAL 2019
- Seminar Nasional Guru TIK Tahun 2019 "Kupas Tuntas Mapel Informatika"