Situs Resmi FGTIKKNAS

SOSIALISASI REGULASI TENTANG KEDUDUKAN TIK DAN GURU TIK HARUS SEGERA DILAKUKAN!

SEMINAR  TIK “Peran Guru TIK dan Fungsional  PTP untuk Pemanfaatan TIK dalam implementasi Kurikulum 2013” yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru TIK (MGTIK) Provinsi Lampung bekerjasama dengan APTPI wilayah Barat di LPMP Lampung, 22 Februari 2018.

Acara tersebut diikuti oleh kurang lebih 200 guru TIK SMA Se Provinsi Lampung dan beberapa fungsional PTP serta dihadiri oleh Para Pemangku Kepentingan Pendidikan yaitu Kepala BPTP Provinsi Lampung (mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung), Kepala LP3TK KPTK Gowa Sulawesi Selatan (diwakili Koordinator Widya Iswara LP3TK KPTK), Kasi Pembinaan SMK, Kasubag LPMP, Korwas Provinsi, Ketua MKKS Provinsi, Pustekkom Kemendikbud, Narasumber Nasional TIK, Narasumber Widya Iswara LP3TK KPTK.

Kegiatan Seminar TIK dengan tema ”Peran Guru TIK dan Fungsional PTP untuk Pemanfaatan TIK dalam Implementasi Kurikulum 2013” ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan sosialisasi kepada Guru TIK dan para Pemangku Kepentingan Pendidikan. tentang Peran Guru TIK dalam kurikulum 2013.

Ketua pelaksana Seminar TIK, Mustakim berharap selepas kegiatan ini peserta mendapat kejelasan tentang peran guru TIK dan semua sekolah di Lampung dapat mengimplementasikan TIK di sekolah dengan memberikan alokasi jam dalam jadwal akademik sekolah.

“Kami berharap pemerintah segera menerbitkan petunjuk teknis tentang peran guru TIK dan melakukan sosialisasi secara masif ke daerah”, ujar Mustakim yang juga sebagai Ketua MGTIK Provinsi Lampung

Pada kesempatan tersebut Kepala LP3TK KPTK Gowa Sulsel yang diwakili oleh Bapak Drs Muhammad Hasri, M.Hum juga memberikan sambutan sekaligus pengarahan, beliau menegaskan bahwa “Guru TIK merupakan lokomotif pembelajaran di sekolah, kehadiran guru TIK ini mutlak adanya di sekolah serta Bimbingan TIK harus di implementasikan di Sekolah “  .

Paparan materi Kebijakan Pemerintah tentang Peningkatan Kompetensi Guru TIK disampaikan oleh Widya Iswara LP3TK  KPTK Gowa Sulsel Bapak Imran, S.Kom, MT, sedangkan materi terkait Peran Guru TIK dalam Implementasi Kurikulum 2013 oleh Narasumber Nasional TIK Dr. Firman Oktora dan materi tentang pemanfaatan produk Pustekkom untuk pembelajaran oleh Dr. Purwanto dari Pustekkom Kemendikbud.

Pada paparannya, Firman Oktora menyampaikan bahwa regulasi tentang peran Guru TIK ini diharapkan dapat dipahami oleh para pemangku kepentingan pendidikan di daerah termasuk guru TIK nya itu sendiri, agar materi TIK tetap terus disampaikan sesuai dengan kebutuhan sekolah.

“Guru TIK seyogyanya dapat bergeser paradigmanya dan meningkatkan kompetensinya, agar dapat mewarnai implementasi kurikulum 2013”, pungkasnya.

 

PERAN GURU TIK MENJADI STRATEGIS PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Perkembangan ekonomi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan masyarakat informasi (information society) telah memunculkan paradigma baru yang dominan termasuk juga membawa pengaruh terhadap bidang pendidikan terutama pada pembelajaran. Untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran maka siswa, guru tenaga kependidikan seyogyanya memiliki pengetahuan dan keterampilan serta sikap dalam menggunakan perangkat TIK. Dengan demikian TIK memiliki potensi yang sangat besar untuk mentransformasikan seluruh aspek pendidikan di sekolah untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

Ketua Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional Firman Oktora mengatakan, kemampuan untuk menggunakan TIK di abad 21 merupakan suatu keniscayaan, oleh karena itu pembelajaran TIK di sekolah seyogyanya lebih dikembangkan lagi dalam membangun siswa berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif”, 

“Untuk itu peran guru TIK menjadi strategis dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah, tugasnya tetap sebagai guru”, ujarnya saat dihubungi di Jakarta (9/2/2018.red).

Seperti diketahui bahwa pada implementasi kurikulum 2013 terdapat perubahan peran guru TIK sesuai dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 45 tahun 2015 tentang perubahan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 68 tahun 2014 tentang peran guru tik dan kkpi dalam implementasi kurikulum 2013. Disitu disebutkan bahwa Guru TIK memiliki tugas: 1) membimbing paling sedikit 150 (seratus lima puluh) siswa dalam bentuk klasikal atau kelompok dan individu, agar siswa dapat mencari, mengolah, menyiapkan, menyajikan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pembelajaran; 2) memfasilitasi   sesama   guru   dalam menggunakan TIK untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.; 3) memfasilitasi    tenaga     kependidikan    dalam menerapkan dan mengembangkan sistem informasi manajemen sekolah berbasis TIK. 

Adapun pembelajaran TIK kepada siswa dapat dilakukan dalam bentuk tatap muka secara klasikal atau kelompok dan individual pada kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler dan/atau ekstrakurikuler. Pelaporan hasil kegiatan belajar TIK bagi siswa diwujudkan dalam bentuk laporan hasil bimbingan TIK yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari laporan hasil belajar siswa.

“Terkait teknis pelaksanaan dari kebijakan tentang peran guru TIK dalam implementasi kurikulum 2013 ini seyogyanya perlu dibuat pedoman sebagai panduan pelaksanaan di  sekolah, hal ini pun harus disosialisasikan dan dipahami oleh para pemangku kebijakan pendidikan di daerah, kepala sekolah, guru mata pelajaran dan guru TIK itu sendiri agar dapat diimplementasikan secara optimal dalam membangun IT Environment di sekolah”, ungkap Firman Oktora.

“Pemahaman tentang peran guru TIK ini sangat penting, oleh karena itu Guru TIK pun harus mendapat pelatihan tentang kurikulum 2013, agar guru TIK dapat menjalankan perannya sesuai amanat pendidikan nasional, selain itu juga agar guru TIK tidak mudah terprovokasi”, pungkasnya. 

(hms.red)

Sub Kategori

  • 1 Column Grid

    Lacus laoreet sit at adipiscing orci wisi Morbi elit accumsan dolor. Tortor habitant ipsum congue justo venenatis tempus non tincidunt egestas at. Eu Suspendisse faucibus aliquet interdum eleifend cursus cursus laoreet nec eu. Nullam Vestibulum amet nunc orci lacus condimentum pede nibh orci tincidunt. Auctor lacus adipiscing Nunc nibh cursus sed mus leo Phasellus risus. Dolor Nulla consectetuer gravida elit facilisis Vestibulum eu.

    Consectetuer dis scelerisque sapien quis tincidunt elit sit nec congue nunc. Nunc lacinia Phasellus massa vitae mauris feugiat Quisque nascetur urna egestas. Tincidunt lacinia a Nulla neque interdum accumsan Sed augue lorem Vestibulum. Quis platea Vestibulum orci lacus Vestibulum Vivamus sagittis nisl pellentesque convallis. Ligula elit eget condimentum condimentum vitae montes at adipiscing odio hendrerit. Pulvinar sollicitudin cursus nec et.

    Congue consectetuer Phasellus odio non Nulla commodo amet feugiat ligula pede. Convallis felis et sit nec nunc lacus tellus lobortis quam Quisque. Urna mauris magnis venenatis morbi id ullamcorper orci et condimentum adipiscing. Donec sed eu cursus Nullam et facilisis amet justo et ut. Aliquet convallis sed Aliquam Mauris Nam at.

    Consequat wisi aliquet Vivamus laoreet Proin mollis malesuada Nam sagittis sodales. Feugiat nulla Aenean lacinia tincidunt lacus Phasellus nec pede et justo. Vel libero Lorem Vestibulum fringilla eu a risus cursus id quis. Dui in pellentesque tempor vel laoreet non Vestibulum nec turpis pede. Adipiscing justo consequat et adipiscing mauris malesuada euismod nibh leo urna. Ut at.

    Mus Sed pellentesque risus volutpat consequat montes nibh semper Aenean pellentesque. Pellentesque velit auctor adipiscing orci elit at leo semper mauris tristique. Convallis sit nibh ut ac pellentesque nibh dictumst mauris volutpat pulvinar. Eu nunc Nulla Aliquam elit sit tempus malesuada Nam pretium sapien. Aliquam Vestibulum magna venenatis Aenean odio at penatibus Sed enim vitae. Amet semper nibh dictumst sit tincidunt Mauris Pellentesque eros nibh at. Sem Proin.

    Arcu Curabitur mauris felis elit id sed a tellus at nunc. Sapien condimentum eros natoque montes senectus id sit at adipiscing semper. In molestie elit Curabitur tincidunt In nibh quis et mauris metus. Neque Curabitur est Vestibulum consectetuer amet orci lorem ut Nam cursus. Fringilla pede urna tincidunt sem egestas turpis justo adipiscing purus Quisque. Elit.

    Non Aenean commodo iaculis ornare sed eget Nulla urna enim elit. At ut Mauris elit quis id a dignissim dignissim urna vel. Ac ipsum consequat orci est magna ornare metus lacus mollis elit. Cursus nulla Fusce cursus facilisi Pellentesque nunc tincidunt lacus ipsum sociis. Pretium consectetuer ut mus est ac id lacus.

 

Sambutan Ketua FGTIKKNAS pada HUT FGTIKKNAS ke-3

 


 

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Kawan – kawan Guru TIK dan KKPI yang terpelajar dan membanggakan, Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT., Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkan kepada kita, sehingga pada hari ini kita masih diberikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan dalam mengabdi untuk pendidikan nasional.

23 Januari 2017 merupakan tahun ketiga dari lahirnya Asosiasi guru TIK dan KKPI Nasional yang selanjutnya bernama Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional (FGTIKKNAS).

Pada tanggal 23 Januari 2014 tersebut merupakan hari bersejarah bagi guru TIK dan KKPI di seluruh Indonesia, karena pada saat itulah mulai terbangun komunikasi antar guru TIK dan KKPI dari berbagai daerah, dan organisasi ini mewadahi berbagai keluhan, opini dan menjadi tempat  berbagi pengetahuan dan pengalaman sesama guru TIK sehingga terbangun solidaritas yang kuat antar guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia. Mungkin pada tanggal 23 Januari layak kita canangkan sebagai Hari Guru TIK Nasional dimana seluruh guru TIK di Indonesia memiliki satu perasaan yang sama, tujuan yang sama, yaitu perjuangan mencerdaskan bangsa terutama dalam hal menanamkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi kepada peserta didik yang menjadi pondasi kehidupan di abad 21.

Sebagai Organisasi Profesi, selama tiga tahun ini, FGTIKKNAS telah melakukan berbagai kiprah yang produktif dalam meningkatkan profesionalisme guru TIK dan KKPI dan melindungi nasib para guru TIK dan KKPI serta berorientasi pada hak para peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran TIK. Dari serangkaian upaya-upaya yang telah kami lakukan ini masih terdapat kekurangan dan kelemahan, oleh karena itu perjuangan masih panjang, masih perlu dukungan moral maupun materil untuk terus kita berjuang bersama-sama demi pendidikan nasional lebih baik. Tentunya dalam setiap perjuangan diperlukan semangat kebersamaan dan saling mengapresiasi.

Tema di HUT FGTIKKNAS ke-3 ini adalah “Guru TIK dan KKPI terdepan dalam Pembelajaran Abad 21” artinya kami mengajak kepada seluruh Guru TIK dan KKPI di Indonesia untuk senantiasa meningkatkan kapasitas sebagai guru TIK yang terdepan sesuai filosofi pendidikan yang diamanatkan Ki Hajar Dewantara yaitu: Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Mari kita buktikan bahwa guru TIK dan KKPI di depan menjadi teladan bagi guru lainnya dan siswa-siswanya, di tengah bersama-sama berkiprah mewarnai pendidikan nasional, di belakang mendukung generasi selanjutnya menjadi generasi yang lebih hebat dari sebelumnya. Guru TIK dan KKPI seyogyanya menjadi agen perubahan yang terdepan sebagai Guru yang visioner, penyelesai masalah dan berkompeten sebagai contoh teladan bagi guru lainnya.

Kawan-kawan guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia yang terpelajar dan membanggakan, kami mengajak semua untuk terus konsisten dalam memperjuangkan kepentingan pendidikan nasional, kepentingan masa depan bangsa dengan cara siap dan mampu berselancar dalam berbagai perubahan baik perkembangan zaman ataupun regulasi yang ada, kita buktikan bahwa guru TIK dan KKPI itu produktif dan berprestasi serta sebagai penyelesai masalah bukan menjadi masalah itu sendiri.

Kami mengajak para guru TIK untuk selalu meningkatkan komitmen dan profesionalisme dengan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan masyarakat. Guru TIK  seyogyanya juga peka terhadap isu-isu nasional, seperti maraknya ujaran kebencian di sosial media. Dengan posisinya strategisnya guru TIK bersama komponen bangsa lainnya, diharapkan mampu mengkampanyekan penggunaan TIK untuk hal-hal yang positif dan konstruktif. FGTIKKNAS secara konsisten menuntun perilaku guru TIK dan KKPI Indonesia yang santun, kompeten dan professional.

Akhirnya saya mengucapkan Selamat HUT ke-3 FGTIKKNAS semoga tetap terus konsisten memperjuangkan kualitas pendidikan nasional terutama pada pembelajaran TIK untuk masa depan bangsa. Selamat kepada guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia yang senantiasa menjadi terdepan dalam perubahan, Masih banyak hal yang perlu kita perjuangkan. Semoga setiap upaya kita dalam memajukan pendidikan nasional memberikan manfaat dan sebagai amal ibadah kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Selamat berkarya para Agent of Change Indonesia

Billahi Taufik Walhidayah,Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

23 Januari 2017

Ketua FGTIKKNAS,

 

Dr. Firman Oktora, S.Si., M.Pd.

Pengumuman Lainnya Dapat Dilihat pada Group Facebook FGTIKKNAS, dengan cara klik tombol facebook disudut kanan atas, sukses untuk kita semua !!!

Donasi Organisasi

Kirim Donasi ke Rekening BRI Simpedes No : 3996-01-006309-53-3

atas nama FGTIKKNAS

Kantor Unit Sarijadi Bandung Setiabudi.

 

Info top

Bagi Pengguna Tablet & Smartphone :
Sebelum membuka situs aktifkan Rotasi layar, kemudian buka situs FGTIKKNAS menggunakan layar Landscape agar tampilan bisa maksimal, sukses !!!

Selalu bersyukur, maksimalkan yang minimal !!!

_ Biak Kuale

 

Link Pendukung

Aplikasi Manajemen Pendidikan :

1. XAMPP Portable

2. Moodle 3 Responsif

Semoga Bermanfaat untuk semua !!!

 

Video FGTIKKNAS

 

 

Video FGTIKKNAS

 

Video Tutorial UNBK

Blue module

 Sekilas info nanti disini ....

Green module

Violet module

 Sekilas info nanti disini ....

Sekarang

Kami memiliki 15 tamu dan tidak ada anggota online

Kontak Humas :

Ibu. Furika Indah Lestari 081345017017

fgtikknas.or.id
Loading ...