Situs Resmi FGTIKKNAS

GURU TIK PERLU DILATIH

Kinerja serta keprofesionalan Guru akan meningkat berkat adanya Pendidikan dan Latihan (Diklat) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) . Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) merupakan salah satu bentuk kegiatan dari program pengembangan sumber daya manusia (personal development) yang strategis karena program Diklat/Bimtek selalu berkaitan dengan masalah nilai, norma, keterampilan dan perilaku individu dan kelompok. Program diklat/Bimtek selalu direncanakan untuk tujuan-tujuan, seperti pengembangan pribadi, pengembangan profesional, pemecahan masalah, tindakan yang remidial, motivasi, meningkatkan mobilitas, dan keamanan anggota organisasi. Tujuan utama Diklat/Bimtek dari Guru adalah untuk memperoleh kecakapan khusus yang diperlukan oleh Guru dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas sekolah.

Demikian juga dengan guru TIK, perubahan peran guru TIK di implementasi K13 tentunya sangat memerlukan Diklat/Bimtek agar guru TIK memahami bagaimana pelaksanaannya, "Kami terus berupaya meningkatkan profesionalisme guru tik, dengan mengadakan pelatihan/bimtek baik yang diselenggarakan secara mandiri maupun berkordinasi dengan pemerintah dan mitra lainnya. Khususnya dengan pemerintah melalui kemdikbud kami akan terus berkomunikasi untuk senantiasa memperhatikan guru tik, dengan melatih guru tik melalui diklat atau bimtek sehingga guru tik tetap mendapat pengakuan dari pemerintah dan masyarakat" ujar Toto Widhi Sekretaris Bidang Profesionalisme Guru FGTIKKNAS di sela kegiatan Uji Publik Regulasi Beban Kerja Guru di Arya Duta Bandung beberapa minggu lalu. (FIL)

Profesi Guru TIK Harus Dilindungi

Cisarua, Jawa Barat. Sebanyak 100 guru SMA dan SMK se-Indonesia berkumpul dan berdiskusi pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelindungan Keprofesian di Hotel Prioritas  Cisarua, Jawa Barat pada tanggal 14 -16 Maret 2017. Hadir sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Tim Kuasa Hukum Jokowi dan Jusuf Kalla Bapak Amsori., SH., MH., MM , Komisioner KPAI Bapak Dr. Susanto.,MA dari KOMNAS HAM Ibu Adoniati Meyria WH., SH., MSi dan Kasubdit Kesharlindung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Bapak Dr. Kadarisman, M.pd.

Kegiatan Bimtek Pelindungan Keprofesian sudah dua kali diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah sejak tahun 2016. Agenda pada kegiatan Bimtek diantaranya adalah Perlindungan guru dalam perspektif perlindungan anak, klasifikasi pelanggaran HAM, Hukum dan Etika, pengembangan pendidikan karakter, Penerapan prinsip-prinsip modifikasi perilaku dalam membentuk disiplin siswa, prosedur Layanan Perlindungan guru dan pelindungan profesi guru dalam perspektif Akademis.

"Bimtek ini menambah pengetahuan dan wawasan guru pendidikan menengah tentang pelindungan profesi guru, semua peserta sangat bersemangat mengikuti materi apalagi salah satu Submaterinya membahas tentang peran organisasi profesi dalam pelindungan profesi guru, di Bimtek ini ada beberapa peserta guru yang juga pengurus organisasi Profesi seperti PGRI, PGMI, IGI dan FGTIKKNAS tentunya, disela-sela Bimtek, kami dapat berdiskusi positif terkait Pelindungan Profesi dan harapan kedepannya organisasi profesi bisa bersinergi demi melindungi profesi guru. Ini akan menjadi salah satu fokus di FGTIKKNAS, Kami menyiapkan posko pengaduan bagi guru tik dan kkpi yang memiliki masalah terkait profesinya. Untuk itu saya sangat berterima kasih kepada KEMENDIKBUD karena telah memberikan kesempatan kepada saya mengikuti Bimtek ini, bertemu dengan guru-guru berprestasi dari berbagai ajang kompetisi guru tingkat Nasional merupakan anugerah buat saya. ” Ujar Furika Indah Lestari salah satu peserta yang juga Sekretaris Bidang HUMAS FGTIKKNAS .

Begitu juga tanggapan Deny Suhendra salah satu peserta Bimtek dan merupakan Tim Bidang IT FGTIKKNAS "Bimtek seperti inilah yang kita tunggu-tunggu mengingat masih minim nya pengetahuan guru tentang Pelindungan Profesi Guru, semoga nanti kembali ke daerah materi yang didapatkan disini bisa kami desiminasikan ke teman-teman guru disekolah masing-masing.

Ketua FGTIKKNAS, Firman Oktora mengatakan bahwa organisasi profesi memiliki posisi strategis untuk melindungi profesi guru. "Kami terus berupaya melindungi guru tik dan kkpi di seluruh Indonesia, baik PNS ataupun Non PNS, di sekolah negeri ataupun swasta " ungkap Firman Oktora. (FIL)

 

 

Sub Kategori

 

Sambutan Ketua FGTIKKNAS pada HUT FGTIKKNAS ke-3

 


 

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Kawan – kawan Guru TIK dan KKPI yang terpelajar dan membanggakan, Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT., Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkan kepada kita, sehingga pada hari ini kita masih diberikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan dalam mengabdi untuk pendidikan nasional.

23 Januari 2017 merupakan tahun ketiga dari lahirnya Asosiasi guru TIK dan KKPI Nasional yang selanjutnya bernama Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional (FGTIKKNAS).

Pada tanggal 23 Januari 2014 tersebut merupakan hari bersejarah bagi guru TIK dan KKPI di seluruh Indonesia, karena pada saat itulah mulai terbangun komunikasi antar guru TIK dan KKPI dari berbagai daerah, dan organisasi ini mewadahi berbagai keluhan, opini dan menjadi tempat  berbagi pengetahuan dan pengalaman sesama guru TIK sehingga terbangun solidaritas yang kuat antar guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia. Mungkin pada tanggal 23 Januari layak kita canangkan sebagai Hari Guru TIK Nasional dimana seluruh guru TIK di Indonesia memiliki satu perasaan yang sama, tujuan yang sama, yaitu perjuangan mencerdaskan bangsa terutama dalam hal menanamkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi kepada peserta didik yang menjadi pondasi kehidupan di abad 21.

Sebagai Organisasi Profesi, selama tiga tahun ini, FGTIKKNAS telah melakukan berbagai kiprah yang produktif dalam meningkatkan profesionalisme guru TIK dan KKPI dan melindungi nasib para guru TIK dan KKPI serta berorientasi pada hak para peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran TIK. Dari serangkaian upaya-upaya yang telah kami lakukan ini masih terdapat kekurangan dan kelemahan, oleh karena itu perjuangan masih panjang, masih perlu dukungan moral maupun materil untuk terus kita berjuang bersama-sama demi pendidikan nasional lebih baik. Tentunya dalam setiap perjuangan diperlukan semangat kebersamaan dan saling mengapresiasi.

Tema di HUT FGTIKKNAS ke-3 ini adalah “Guru TIK dan KKPI terdepan dalam Pembelajaran Abad 21” artinya kami mengajak kepada seluruh Guru TIK dan KKPI di Indonesia untuk senantiasa meningkatkan kapasitas sebagai guru TIK yang terdepan sesuai filosofi pendidikan yang diamanatkan Ki Hajar Dewantara yaitu: Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Mari kita buktikan bahwa guru TIK dan KKPI di depan menjadi teladan bagi guru lainnya dan siswa-siswanya, di tengah bersama-sama berkiprah mewarnai pendidikan nasional, di belakang mendukung generasi selanjutnya menjadi generasi yang lebih hebat dari sebelumnya. Guru TIK dan KKPI seyogyanya menjadi agen perubahan yang terdepan sebagai Guru yang visioner, penyelesai masalah dan berkompeten sebagai contoh teladan bagi guru lainnya.

Kawan-kawan guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia yang terpelajar dan membanggakan, kami mengajak semua untuk terus konsisten dalam memperjuangkan kepentingan pendidikan nasional, kepentingan masa depan bangsa dengan cara siap dan mampu berselancar dalam berbagai perubahan baik perkembangan zaman ataupun regulasi yang ada, kita buktikan bahwa guru TIK dan KKPI itu produktif dan berprestasi serta sebagai penyelesai masalah bukan menjadi masalah itu sendiri.

Kami mengajak para guru TIK untuk selalu meningkatkan komitmen dan profesionalisme dengan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan masyarakat. Guru TIK  seyogyanya juga peka terhadap isu-isu nasional, seperti maraknya ujaran kebencian di sosial media. Dengan posisinya strategisnya guru TIK bersama komponen bangsa lainnya, diharapkan mampu mengkampanyekan penggunaan TIK untuk hal-hal yang positif dan konstruktif. FGTIKKNAS secara konsisten menuntun perilaku guru TIK dan KKPI Indonesia yang santun, kompeten dan professional.

Akhirnya saya mengucapkan Selamat HUT ke-3 FGTIKKNAS semoga tetap terus konsisten memperjuangkan kualitas pendidikan nasional terutama pada pembelajaran TIK untuk masa depan bangsa. Selamat kepada guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia yang senantiasa menjadi terdepan dalam perubahan, Masih banyak hal yang perlu kita perjuangkan. Semoga setiap upaya kita dalam memajukan pendidikan nasional memberikan manfaat dan sebagai amal ibadah kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Selamat berkarya para Agent of Change Indonesia

Billahi Taufik Walhidayah,Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

23 Januari 2017

Ketua FGTIKKNAS,

 

Dr. Firman Oktora, S.Si., M.Pd.

Pengumuman Lainnya Dapat Dilihat pada Group Facebook FGTIKKNAS, dengan cara klik tombol facebook disudut kanan atas, sukses untuk kita semua !!!

Donasi Organisasi

Kirim Donasi ke Rekening BRI Simpedes No : 3996-01-006309-53-3

atas nama FGTIKKNAS

Kantor Unit Sarijadi Bandung Setiabudi.

 

Info top

Bagi Pengguna Tablet & Smartphone :
Sebelum membuka situs aktifkan Rotasi layar, kemudian buka situs FGTIKKNAS menggunakan layar Landscape agar tampilan bisa maksimal, sukses !!!

Selalu bersyukur, maksimalkan yang minimal !!!

_ Biak Kuale

 

Link Pendukung

Aplikasi Manajemen Pendidikan :

1. XAMPP Portable

2. Moodle 3 Responsif

Semoga Bermanfaat untuk semua !!!

 

Video FGTIKKNAS

 

 

Video FGTIKKNAS

 

Info new

Nanti ada sekilas info disini, sukses untuk semua !!!

Blue module

 Sekilas info nanti disini ....

Green module

Violet module

 Sekilas info nanti disini ....

Sekarang

Kami memiliki 16 tamu dan tidak ada anggota online

Kontak Humas :

Ibu. Furika Indah Lestari 081345017017

Loading ...