Situs Resmi FGTIKKNAS

LINIERITAS GURU TIK

    Tidak liniernya jurusan Manajeman Informatika (MI) dan Sistem Informasi (SI) pada Buku I pedoman penetapan peserta sertifikasi guru untuk mengajar mata pelajaran TIK, sangat meresahkan banyak guru TIK, terutama yang memiliki kualifikasi akademik MI dan SI. seperti yang kita ketahui banyak sekali guru TIK yang berkualifikasi akademik MI dan SI yang berstatus PNS maupun Non PNS dan sudah bertahun-tahun mengajar mata pelajaran TIK.

    Deny Suhendra, salah satu guru TIK Yang sudah mengajar mata pelajaran TIK selama kurang lebih 13 tahun disalah satu SMA Negeri di Kota Singkawang sangat antusias memperjuangkan MI dan SI agar masuk dalam daftar kualifikasi akademik untuk mata pelajaran TIK dengan berbagai cara, mulai dari berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan Kota dan pihak lainnya termasuk LPMP Propinsi Kalimantan Barat.

Deny mengatakan, "Guru TIK yang berkualifikasi akademik MI dan SI sangat layak mengajar TIK karena Jurusan MI dan SI merupakan rumpun dari TIK dan mata kuliahnya hampir 80% mendalami ilmu komputer, sama seperti jurusan Teknik Informatika. Apalagi sekarang banyak sekali guru TIK yang berlatar belakang MI dan SI. Jika kualifikasi akademik MI dan SI dianggap tidak Linier mau dikemanakan guru-guru TIK yang berlatar belakang MI dan SI ini?. Menurut saya sebaiknya Buku I pedoman penetapan peserta sertifikasi ditinjau kembali".

    Menanggapi hal tersebut pada hari selasa tanggal 5 April 2016, perwakilan guru-guru TIK yang berkualifikasi akademik MI dan SI  sepakat untuk berkomunikasi  dengan pihak-pihak yang berkompeten, salah satunya adalah FGTIKKNAS yang merupakan salah satu wadah guru TIK di Indonesia. melalui Bapak Purwanto wakil ketua FGTIKKNAS, guru TIK yang berkualifikasi akademik MI dan SI berharap agar FGTIKKNAS menyampaikan kepada Tim penyusun Buku I pedoman penetapan peserta sertifikasi guru agar  mempertimbangkan untuk memasukkan jurusan MI dan SI kedalam kualifiikasi akademik untuk mata pelajaran TIK.

Purwanto selaku Wakil Ketua FGTIKKNAS ketika dihubungi via telpon mengatakan,

"FGTIKKNAS akan menindaklanjuti masalah ini dan akan berkomunikasi dengan pihak GTK, APTIKOM dan BSNP. kami tetap berusaha keras memperjuangkan guru TIK. usulan teman-teman guru TIK tentang linieritas ini akan kami sampaikan, namun keputusan bukan ditangan kami, harap bersabar dan tetap berpikiran positif ".

semoga apa yang dilakukan bermanfaat untuk Guru TIK Indonesia. Terus semangat dan tetaplah berkarya.
   
   

 

Sambutan Ketua FGTIKKNAS pada HUT FGTIKKNAS ke-3

 


 

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Kawan – kawan Guru TIK dan KKPI yang terpelajar dan membanggakan, Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT., Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkan kepada kita, sehingga pada hari ini kita masih diberikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan dalam mengabdi untuk pendidikan nasional.

23 Januari 2017 merupakan tahun ketiga dari lahirnya Asosiasi guru TIK dan KKPI Nasional yang selanjutnya bernama Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional (FGTIKKNAS).

Pada tanggal 23 Januari 2014 tersebut merupakan hari bersejarah bagi guru TIK dan KKPI di seluruh Indonesia, karena pada saat itulah mulai terbangun komunikasi antar guru TIK dan KKPI dari berbagai daerah, dan organisasi ini mewadahi berbagai keluhan, opini dan menjadi tempat  berbagi pengetahuan dan pengalaman sesama guru TIK sehingga terbangun solidaritas yang kuat antar guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia. Mungkin pada tanggal 23 Januari layak kita canangkan sebagai Hari Guru TIK Nasional dimana seluruh guru TIK di Indonesia memiliki satu perasaan yang sama, tujuan yang sama, yaitu perjuangan mencerdaskan bangsa terutama dalam hal menanamkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi kepada peserta didik yang menjadi pondasi kehidupan di abad 21.

Sebagai Organisasi Profesi, selama tiga tahun ini, FGTIKKNAS telah melakukan berbagai kiprah yang produktif dalam meningkatkan profesionalisme guru TIK dan KKPI dan melindungi nasib para guru TIK dan KKPI serta berorientasi pada hak para peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran TIK. Dari serangkaian upaya-upaya yang telah kami lakukan ini masih terdapat kekurangan dan kelemahan, oleh karena itu perjuangan masih panjang, masih perlu dukungan moral maupun materil untuk terus kita berjuang bersama-sama demi pendidikan nasional lebih baik. Tentunya dalam setiap perjuangan diperlukan semangat kebersamaan dan saling mengapresiasi.

Tema di HUT FGTIKKNAS ke-3 ini adalah “Guru TIK dan KKPI terdepan dalam Pembelajaran Abad 21” artinya kami mengajak kepada seluruh Guru TIK dan KKPI di Indonesia untuk senantiasa meningkatkan kapasitas sebagai guru TIK yang terdepan sesuai filosofi pendidikan yang diamanatkan Ki Hajar Dewantara yaitu: Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Mari kita buktikan bahwa guru TIK dan KKPI di depan menjadi teladan bagi guru lainnya dan siswa-siswanya, di tengah bersama-sama berkiprah mewarnai pendidikan nasional, di belakang mendukung generasi selanjutnya menjadi generasi yang lebih hebat dari sebelumnya. Guru TIK dan KKPI seyogyanya menjadi agen perubahan yang terdepan sebagai Guru yang visioner, penyelesai masalah dan berkompeten sebagai contoh teladan bagi guru lainnya.

Kawan-kawan guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia yang terpelajar dan membanggakan, kami mengajak semua untuk terus konsisten dalam memperjuangkan kepentingan pendidikan nasional, kepentingan masa depan bangsa dengan cara siap dan mampu berselancar dalam berbagai perubahan baik perkembangan zaman ataupun regulasi yang ada, kita buktikan bahwa guru TIK dan KKPI itu produktif dan berprestasi serta sebagai penyelesai masalah bukan menjadi masalah itu sendiri.

Kami mengajak para guru TIK untuk selalu meningkatkan komitmen dan profesionalisme dengan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan masyarakat. Guru TIK  seyogyanya juga peka terhadap isu-isu nasional, seperti maraknya ujaran kebencian di sosial media. Dengan posisinya strategisnya guru TIK bersama komponen bangsa lainnya, diharapkan mampu mengkampanyekan penggunaan TIK untuk hal-hal yang positif dan konstruktif. FGTIKKNAS secara konsisten menuntun perilaku guru TIK dan KKPI Indonesia yang santun, kompeten dan professional.

Akhirnya saya mengucapkan Selamat HUT ke-3 FGTIKKNAS semoga tetap terus konsisten memperjuangkan kualitas pendidikan nasional terutama pada pembelajaran TIK untuk masa depan bangsa. Selamat kepada guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia yang senantiasa menjadi terdepan dalam perubahan, Masih banyak hal yang perlu kita perjuangkan. Semoga setiap upaya kita dalam memajukan pendidikan nasional memberikan manfaat dan sebagai amal ibadah kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Selamat berkarya para Agent of Change Indonesia

Billahi Taufik Walhidayah,Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

23 Januari 2017

Ketua FGTIKKNAS,

 

Dr. Firman Oktora, S.Si., M.Pd.

Pengumuman Lainnya Dapat Dilihat pada Group Facebook FGTIKKNAS, dengan cara klik tombol facebook disudut kanan atas, sukses untuk kita semua !!!

Donasi Organisasi

Kirim Donasi ke Rekening BRI Simpedes No : 3996-01-006309-53-3

atas nama FGTIKKNAS

Kantor Unit Sarijadi Bandung Setiabudi.

 

Info top

Bagi Pengguna Tablet & Smartphone :
Sebelum membuka situs aktifkan Rotasi layar, kemudian buka situs FGTIKKNAS menggunakan layar Landscape agar tampilan bisa maksimal, sukses !!!

Selalu bersyukur, maksimalkan yang minimal !!!

_ Biak Kuale

 

Link Pendukung

Aplikasi Manajemen Pendidikan :

1. XAMPP Portable

2. Moodle 3 Responsif

Semoga Bermanfaat untuk semua !!!

Responsive Photo Gallery


Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/fgti2469/public_html/news/modules/mod_responsivegallery/mod_responsivegallery.php on line 22
 

Video FGTIKKNAS

 

 

Video FGTIKKNAS

 

Video Tutorial UNBK

Blue module

 Sekilas info nanti disini ....

Green module

Violet module

 Sekilas info nanti disini ....

Sekarang

Kami memiliki 6 tamu dan tidak ada anggota online

Kontak Humas :

Ibu. Furika Indah Lestari 081345017017

fgtikknas.or.id
Loading ...